Tutorial Membuat Portfolio di Dribbble || Desainer Wajib Tahu !!!

Hallo Sobat Java,
Welcome to Back My Blog, Blognya desainer dan Freelancer. . .

Seberapa penting sih Portfolio bagi desainer grafis? yups, sangat penting banget bagi kalian seorang desainer grafis yang ingin membangun sebuah brand yang dikenal banyak orang di seluruh dunia. karena dengan adanya portfolio kalian bisa melamar pekerjaan di berbagai situs-situs freelance yang berhubungan dengan desain grafis. situs-situs freelance disini seperti Upwork, Freelancer, Sribu, dll. intinya situs yang dapat mempertemukan antara desainer dan buyer (pembeli).

selain sebagai syarat untuk mendaftar di situs freelance, Portfolio juga bisa digunakan untuk mendaftar ke marketplace desain jika kalian ingin terjuan ke dunia product digital gaesss. Salah satu marketplace terbesar diantaranya Creative Market, Envato, Creative Fabrica, Font bundles, dan masih banyak lagi.

nah fungsi yang paling besar dari sebuah portfolio yaitu sebagai salah satu jalan untuk mendatangkan klien yang mau mengajak kerjasama dengan kalian. loh kok bisa? bisa dong, jika kalian membuat portfolio di platform online maka itu sangat besar sekali klien datang mengajak kerjasama. salah satu situs portfolio terkenal dikalangan desainer grafis yang pengunjungnnya hampir satu juta visitor setiap harinya yaitu Dribbble. namun untuk memulai membuat portfolio kalian perlu di invite dari desainer lain agar karya kalian bisa dilihat oleh semua pengunjung. jika kalian belum mendapat invite maka kalian tetap bisa upploud karya kalian di dribbble namun karyanya hanya bisa dilihat oleh kamu sendiri, dan itu artinya peluang datangnya klien untuk mengajak kerjasama dengan kalian masih belum bisa. solusinya yaitu kalian banyak bergabung di komunitas desainer grafis baik di facebook, Whatshapp, telegram, dll. biasanya desainer yang sudah lama berkecimpung di dunia desain grafis sering membagikan invite dribbble sehingga jika ada kesempatan itu langsung saja kalian menggambil untuk segera di invite.

Dribbble menjadi sebuah pilihan utama bagi kalian yang baru memulai di dunia desain grafis karena dribbble menjadi pilihan para perusahaan yang ingin mengajak desainer bekerjasama. sehingga kalian wajib mempublish karya kalian di platform ini agar karya kalian dapat dikenal banyak orang di luar negeri. Nah disini mimin bakalan memberikan tutorial cara uploud karya di dribbble agar karya kalian mudah dijangkau oleh banyak orang. berikut hal-hal yang harus kalian siapkan sebelum uploud karya di dribbble :

  1. Siapkan karya terbaik kalian
  2. Riset dahulu karya yang satu niche dengan kalian membuat previewnya sehingga kalian tidak asal-asal dalam membuat previewnya
  3. Siapkan Deskripsi yang menggambarkan keseluruhan proses kerja kalian mulai dari awal sampai akhir
  4. Siapkan Keyword yang relevan dengan karya kalian, nah biasanya mimin mengunjungi situs (www.mykeyword.com) untuk mencari keyword yang sedang trend
jika semua persiapan tersebut sudah selesai, silahkan kalian mengunjungi dribbble (www.Dribbble.com). tampilannya seperti dibawah ini.

kemudian, kalian login dengan akun kalian yang sudah di invite oleh desainer lain. jika sudah di invite namun belum membuat akun sebaiknya buat akun terlebih dahulu sesuai dengan email yang kalian usulkan ke desainer lain. (pastikan cek email dahulu apakah desainer tersebut sudah menginvite kalian atau belum)

nah, setelah itu jika kalian sudah masuk di halaman dashboard silahkan pilih uploud yang ada di pojok kanan atas.

kalian akan dibawah ke halaman uplouding dimana kalian harus menyiapkan preview dalam bentuk jpg atau png ukuran 1600 px x 1200 px maksimal ukuran 10 mb. kemudian drag dan drop saja preview yang ada di file kalian ke kotak preview dibawah ini
setelah preview sudah muncul, maka kalian isi title, tags dan deskripsi sesuai dengan panduan yang mimin saranin digambar di bawah ini.
jika karya kalian sudah di Approve di situs microstock, kalian boleh nyantumin link pembelian di kolom deskripsi, tujuannya agar pembeli yang tertarik dengan karya kalian bisa membeli juga. kemudian di proses terakhirnya langsung saja klik PUBLISH yang ada dibagian pojok kanan bawah tersebut.

demikian cara membuat portfolio di Dribbble, jika teman-teman masih ada yang kesulitan silahkan komen dibawah ini atau bisa chat di nomor mimin yang ada di bagian contact person. cukup mudah kan teman-teman cara membuat portfolio di dribbble, semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat bagi teman-teman desainer semua.

Salam Kreatif !!!
Jayalah Desainer Indonesia !!!

Founder Javatype Studio

Share this