Menghasilkan Passive Income dari Dunia Desain Grafis

Hallo gaesss,
Welcome to Back my Blog, Blognya para desainer dan Microstoker
Kali ini mimin bakalan sharing-saharing pengalaman mimin di dunia desain grafis nih gaess. coba tebak dalam diri kalian masing-masing apa yang kalian fikirkan pertama kali ketika mendengar istilah desain grafis? wah pasti ada yang menjawab orang yang berkerja di percetakan, tukang buat undangan, tukang foto copy dan lain-lainnya. nah hal itu juga yang mimin pikirkan pertama kali ketika mendengar kata-kata desain grafis.

jadi mimin sebenarnya sudah kenal desain sejak dibangku SMA kira-kira tahun 2014, waktu itu mimin sering disuruh buat desain banner buat kegiatan osis, awal-awal desain mimin belajar corel draw dan hasilnya bisa dibilang lumayan karena mimin belum begitu tahu desain bagus atau jelek, jadi ya lumayan, tp kalo sekarang nilai desain lama mimin ya tak nilai jelek, hahah.

nah mulai saat itulah mimin jadi sering banget mendesain buat acara-acara sekolah lainnya. hingga sampe di perkulihaanpun selalu membuat desain, ya meskipun stylenya masih sebatas style percetakan gitu, wkwkwk. tapi mimin bersyukur sudah bisa mendesain dan belajar banyak hal di aplikasi corel draw. di masa kuliah selama 4 tahun tersebut mimin masih belum mengenal dunia freelance yang sekarang ini mimin gelutin.

Nah perjalanan mimin di dunia freelance desain grafis berlanjut ketika mimin sudah lulus kuliah kira-kira akhir tahun 2019. ketika itu mimin baru mengetahui bahwa karya digital itu bisa dijual ke luar negeri dan ada pasarnya masing-masing. awalnya mimin lihat chanel youtubenya Mas Yoko Bomb asal jogja yang membahas tentang dunia desain grafis, bisa dibilang Mas Yoko ini mentor pertama mimin di bidang ini. nah kebetulan beliau membuat e-course seputar dunia freelance, karena mimin makin penasaran dengan desain grafis yang lebih dalam akhirnya mimin beli deh e-coursenya mas yoko.

Booooooooms, dahsyat banget memang e-coursenya mas yoko ini, mimin belajar banyak hal dari kursusnya mas yoko yaitu bagaimana caranya menghasilkan passive income dari dunia desain. dengan desain yang kita buat bisa menjadi tabungan masa depan yang luar biasa, karena dengan sekali membuat karya kita bisa menjualnya berkali-kali tanpa ada batasan kadalwarsa. jika masih ada yang beli karya kita selama ratusan tahun ya tentu kita akan mendapatkan uangnya gitu. enak bukan??? bisa di wariskan juga ke anak cucu kita di masa depannya. heee

namun jika masih awal-awal kalian ingin menggeluti dunia desain grafis ini, mimin saranin tetap ada pekerjaan utama sehingga kalian masih ada income bulanan. kenapa begitu, karena kalian akan menjalanin proses belajar yang lumayan lama sebelum income kalian di dunia desain ini stabil. mimin saja sudah satu tahun incomenya masih belum konsisten, namun tidak keluar di pekerjaan mimin yang sekarang ini sebagai seorang pendidik. ya bisa dibilang desain grafis ini adalah sampingan saja. namun meskipun hanya sampingan, penghasilan mimin di desain ini sudah lebih besar dari penghasilan utama mimin.heee

jadi maksud passive income di sini adalah penghasilan yang di dapat secara terus menerus meskipun kalian tidak mengerjakan apa-apa atau sedang tidurpun akan tetap masuk penghasilannya jika ada yang membeli karya kita. karena kita tidak tahu kedapan kita akan tetap kuat dan sehat seperti sekarang ini, jadi gunakan masa muda kita untuk hal-hal yang bermanfaat seperti mimin kerjaka yaitu buat karya. sebenarnya masih banyak bisnis yang menghasilkan passive income dizaman sekarang seperti membuat channel youtube, menjadi bloger dan lain sebagainya. nah itu semua ada passive incomenya jika kita mau mempelajari lebih dalam.

kenapa mimin lebih fokus ngejalanin di bidang desain ini, jawabannya karena semua orang di dunia ini pasti membutuhkan desain, baik untuk kebutuhan iklan, undangan, promosi product mereka. nah disitulah para pengusaha mencari desain-dasain disitus desain yang sudah terkenal seperti Shutterstock, freepik, envato, dll yang semuanya bisa didapatkan dengan membayarnya. untuk itu peluangnya masih sangat besar sekali bagi pemulapun yang baru memulai tentu tidak ketinggalan jika kita sungguh-sungguh belajar dan berniat merubah nasib untuk membahagiakan orang tua, anak dan istri. so, semua keputusan ada di diri kalian masing-masing.

Nah jika kalian tertarik di dunia desain grafis ini namun masih belum mempunyai basic sama sekali dalam mendesain kalian bisa tuh membeli kursusnya mas yoko yang sudah mimin posting di blognya mimin di bagian e-course, investasikan uangmu untuk bekal di masa depan untuk mempelajari sesuatu yang lebih bermanfaat.

Demikian sharing-sharing mimin terkait menghasilkan dollar melalui dunia desain grafis, next nanti tak sambung lagi terkait suka duka di dunia desain grafis ini yah teman-teman. semoga bermanfaat !!!

Salam Kreatif!!!
Jayalah Freelancer Indonesia

Founder Javatype Studio

Share this